Kantin FE Baru, tempat di mana calon ekonom membicarakan masa depan...

Public Facilities: Is There Mosque in Public Place in a Good Condition???



mas,,pesen yg biasa yak??..oiya saya mesen kopi juga secangkir..

hmm..guys maaf baru bergabung lagi nih..maklum bis liburan..nih otak sedang membeku..hahaha..mari kita cairkan otak kita kembali..

hmm//let's we start first with my story about my holiday yeseterday..gw pergi ma temen2 gw ke mall di daerah pinggiran jakarta sebelah timur tepatnya..nah pas gw ingin beribadah nah gw agak sedikit (banyak malah) terkejut dgn letak dari tempat iabadah (mushola)..guys..lo mesti tau nih mushola letaknya itu jauh dari keramaian dan pintu masuknya itu dah kyk pintu keluar utk emergency exit..akhirnya gw menyusuri lorong itu dan akhirnya gw menemukan mushola ituh..

mulailah gw utk mengambil air wudhu..dan u know apa yg terjadi..gw mencium aroma yg sangat tidak sedap sekali sodara-sodara..PARAAAAAHHHH!!!..gila gw cukup stress berada di dalam sana..

Peraturan Pemerintah
setelah gw googling ternyata gw tidak menemukan peraturan pemerintah mana yang mengatur bagaimana kah sebaiknya tempat ibdah itu di dalam tempat umum..yang ada di dalam peraturan pemerintah itu secara garis besar ialah yang penting ada tempat ibadah..

hmm..menurut hw ini cukup miris teman-teman..seharusnya pemerintah itu juga membuat perturan yang cukup jelas untuk kondisi tempat ibadah yang dikategorikan layak..memang jika kita lihat dari sisi ekonomi itu tempat ibadah itu tergolong public goods yang notabene semua orang dapat menggunakannya..bila public goods seperti itu cost yang dapat dikeluarkan tentu tidak sedikit..namun tidak kah pemilik tempat umum itu seperti mall-mall lebih bisa membuat kondisi dari si tempat ibadah itu lebih baik lagi..tidak hanya dengan mendirikannya saja asalkan telah memnuhi peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah..

Kalau dihitung dari cost menurut gw cost yang dikeluarkan utk perawatan sebuah tenpaty ibadah itu hampir sama dengan perawatan utk kebersihan WC..guys masa'tempat ibadah yang notabene itu tempat utuk kita "bertemu dengan TUHAN" kebersihannnya itu dibawah standar dari ruang WC..hmmm..sungguh mengecewakan sekali sodara-sodara..

Seharusnya pihak pengelola Mall juga memberikan peerhatian yang cukup ekstra untuk masalah ini..Lalu pemerintah juga sebaiknya membuat peraturan yang lebih detail lagi mengenai kondisi standar yang harus dimiliki utk setiap sarana umum yang ada..

bagaimana tanggapan dari teman-teman semua??..

2 comments:

Bagus Arya Wirapati said...

Hmm... Ada 1 hal yg mgkn patutu kita perhatikan. Bahwa tidak sepenuhnya tempat ibadah (kita khususkan: mesjid) didirikan oleh pemerintah. Dan terlebih lagi, tempat ibadah umumnya didirikan di tanah pribadi dan dengan dana pribadi. Klo dipikir2, mgkn konteks dari mesjid agak berbeda dengan public goods lainnya.

Gw kurang tau, tp mendirikan mesjid perlu ijin gak sih? Klo seandainya tidak perlu izin khusus, maka tidak akan terlalu banyak diatur mengenai fasilitasnya.

Secara pribadi, gw merasa yang penting adalah kesadaran yang mendirikannya.

Martha-Happy said...

makanya kalo lagi jalan-jalan di pending dulu aja di solatnya, hehehehe
(maap di gak solutip gw)

 
kaFE Baru © 2008 | Créditos: Templates Novo Blogger