Kantin FE Baru, tempat di mana calon ekonom membicarakan masa depan...

Evaluation of SKB 5 Ministres..



"Mas..Mas..saya pesen french fries yg extra large yah..pake sambel yg bnyk..makasih mas"

oke guys kita ketemu lagi nih..skrg gw mw ngebahas ttg si SKB 5 menteri..hoho..kmrn gw khan lagi baca2 di internet dan di koran..you know what ternyata tuh SKB 5 menteri masih belum maksimal loh untuk mengejar targetnya..Setelah penandatanganan SKB 5 menteri kmrn (tgl 14 Juli 2008)baru mulai terlaksana awal Agustus..

Waktu itu khan alasan knp pemerintah mengeluarkan SKB 5 Menteri ini krn di akhir minggu itu ada surplus supply listrik sebesar 600MW maka dr itu pemerintah bikin peraturan pemindahan jam kerja industri..Nah yg jadi permasalahan skrg adalah ternyata evaluasi dr tgl 31 Juli-10 Agustus itu PLN mnghitung klo mereka hanya dpt pengurangan beban listrik rata2 sebesar 150 MW..Masih jauh dr target sebesar 600MW td..Walhasil si pemerintah bikin peraturan baru klo perusahaan besar yg beroperasi 24 jam penuh setiap harinya (senin-minggu) itu diwajibkan pake genset sendiri utk 1 hari penuh..

Nah menurut gw mank pemerintah dah gak ada cara lain lg..tp peraturan ini menurut gw keluar mengikuti turunnya harga minyak duni dr 10 dollar ke 120 dollar..tp lg nih peraturan gak bisa utk long run krn pasti kemungkinan besar harga minyak dunia bkl naik lg..dan pastinya si APINDO bkl ngamuk2 lg..dan efeknya nnt bisa ke investor loh..dy bkl nglyt klo cost operation mereka bakal naik..bisa-bisa kabur nanti..

gw ada usulan ma pemerintah..seklaian aja betulin PLTA2 yg ada..krn dikit lagi tuh mau musim penghujan..lumayan bisa nambah2in pasokan listrik..tp emang sih cuma short run..tus pemerintah juga harus memiliki kebijakan pendukung lainnya mengingat "kebijakan memakai genset" itu gak bisa utk long run policy..

"Hmm,,aus gw..mas coca-cola satu tus cheeseburger 2..laper nih gw guys.."

3 comments:

Bagus Arya Wirapati said...

Menurut gw, walaupun harga minyak uda turun terus (nantinya mungkin naik lagi krn ada subsidi yg mematikan Law of Demand), pemerintah harus tetap menjalankan SKB 5 Menteri.

Anggep aja ini momentum yang tepat. Sementara harga minyak turun terus dan diperkirakan akan mencapai harga stabil awal di USD 90 per barel (walaupun menurut para ahli tak mungkin selama konflik AS dan Iran masih berlangsung), pemerintah bisa memanfaatkan turunnya harga minyak untuk berhemat dan mengalokasikan biayanya ke pembangunan fasilitas listrik yang lebih baik. Anggep aja jaga2 buat kondisi terburuk berikutnya (Klo harga minyak melambung lg).

Jadinya, program ini gak cuma short run aja, tp beribas pada long run juga.

Aldi Riza Fachri said...

roy mank SKB 5 menteri tuh ttp berjalan..peraturan yg pake genset sendiri itu tuh peraturan pendukung doank..

bener juga roy kata lo..pemerintah bisa menghemat anggaran utk pembangunan listrik..Hmm,,i wonder when the electricity in our country become normal again and there is no scarcity again?!..Hmm,let's see what the government do..hohohoho

Bagus Arya Wirapati said...

Tapi terkadang lucu juga sih bangsa kita. Waktu kita mo ngembangin teknologi nuklir, diprotes ama rakyat kita. Jadinya, kita kalah deh sama Iran. Iran malah uda bisa bikin senjata nuklir.

Tampaknya kita memang harus memanfaatkan sumber daya bumi kita. Sebenernya panas bumi tuh sumber daya kita yang gak terbatas jumlahnya. Mungkin pemerintah ada baiknya memfokuskan pembangunan di sana.

 
kaFE Baru © 2008 | Créditos: Templates Novo Blogger