Kantin FE Baru, tempat di mana calon ekonom membicarakan masa depan...

Seragam Khusus Koruptor



Halo, semua! Mari kita buka blog ini dengan ceria! Burger pesanan kita telah datang. Let's enjoy this!

Dalam beberapa minggu ini, di televisi ramai dengan perbicangan seragam khusus koruptor yang rencananya akan dipakai para terpidana kasus korupsi di dalam persidangan. Hal ini ditujukan untuk menimbulkan efek jera bagi para koruptor melalui rasa malu yang diperolehnya.

Gw sangat setuju dengan terobosan ini. Bayangkan, hingga saat ini, para terpidana atau tersangka kasus korupsi selalu datang ke dalam persidangan dengan pakaian yang rapi serta necis, bahkan cenderung mewah. Lebih parah lagi, seorang terpidana korupsi malah sempat memanggil make up artis sebelum pergi ke sidang di dalam tahanan.

Betapa anehnya fenomena yang dialami Indonesia ini. Maling ayam (contoh yang paling sering digunakan orang2 dalam membandingkan kasus korupsi) bisa digebukin sampe mati atau masuk ke penjara yang buruk. Akan tetapi, koruptor yang jelas kesalahannya melibatkan seluruh negara, mendapatkan privilege-privilege seperti penjara yang mewah (AC, WC, tempat tidur nyaman, sofa, dll) dan datang ke sidang dengan pakaian mewah.

Hal ini jarang terjadi di negara-negara maju di luar sana. Terpidana korupsi ditahan di satu sel yang sama dengan terpidana lainnya. Bisa saja dia masuk ke dalam sel yang sama dengan pembunuh berdarah dingin (Note: mohon koreksi jika salah). Ini jelas memberikan efek jera kepada koruptor. Pembuatan seragam khusus koruptor ini adalah langkah awal yang baik. Tapi, KPK tidak boleh puas dengan semua ini. KPK masih harus merencanakan tindakan selanjutnya dari kebijakan ini.

Enjoy Your Burger!
Wirapati

Lampiran! Nih, ada desain2 yang mungkin akan menjadi seragam buat para maling rakyat itu.







3 comments:

Sham said...

mas.. pesen vegetarian burger satu. makasih..

first of all.. gue suka desain yang belang2. catchy aja gtu, biar koruptor langsung bisa dikenali dari sekian ratus tahanan. hehehe

hhmm.. gue rasa sih idenya bagus. asal diimplementasikan dengan baik oleh pejabat yang jujur :D

ingetin gue 3 bulan lagi ya guys.. heheheh

Aldi Riza Fachri said...

nah gw juga dah baca nih artikel di koran..cukup bagus sih idenya..dengan adanya seragam yg jelas untuk si "koruptor", dy jadi terlihat sama dgn org2 yg sama "hitam"nya..

gw cukup salut dgn kinerja KPK sekarang2 ini..kerjaannya jadi semakin konkrit..

waktu dulu ada wacana pembubaran KPK oleh DPR sendiri, dalam hati gw.."ehm,ehm..dah mw ketauan yah bapak-bapak sekalian"..dlm wacana mereka berdalih klu KPK itu terlalu mengganggu privacy..tapi kita jgn lyt begitu..emang bener kita negara yg demokratis tp sekarang itu pemerintah sedang diuji sampai setaraf mana mereka transparansi di mata masyrakat..

janganlah berdalih mengganggu privacy..klu mank merasa gak bersalah atas semua tindakan2nya yah gak usah khawatir lah..

Bagus Arya Wirapati said...

Alasan mengganggu privacy tuh terlalu gak masuk akal. Amerika aja punya jaringan intelijen ampe ke dapur rumah penduduk. Klo emank mereka gak ngelakuin hal yang aneh2 ya gak usah takut lahhh..

Waktu presiden kita ngomong KPK seharusnya mencegah bukannya menyadap untuk menangkap itu juga aneh.

 
kaFE Baru © 2008 | Créditos: Templates Novo Blogger